Rabu, 30 April 2014

Program dengan 3 menu pada pascal





1.       Buka program pascal seperti free pascal klik file - > new atau dapat dilakukan dengan menekan tombol [ALT]+[F] kemduian [N] pada keyboard

2.       Perhatikan program dibawah ini
 



3.       Deklarasikan variable dengan cara :
 var
                                 nama,npm,kelas:string;
                                 pilih,nilai:integer;
                                 alas,tinggi,luas:real;
               
Maka kita akan mempunyai 3 Variabel string, 2 Variabel integer dan 3 Variabel real.

4.       Buatlah suatu label atau bias juga disebut suatu check point dalam pascal, dengan cara

label mulai,akhir;

Maka kita mempunyai 2 label yaitu mulai dan akhir

5.       Mulai memprogram, buat suatu blog program global / utama, kemudian tambahkan label mulai setelah statement begin agar kita bisa memberikan perintah kembali ke awal program dengan mudah. Selanjutnya buat tampilan menu pilihan menggunakan write / writeln lalu buat suatu masukan dari user untuk memilih program menggunakan readln

begin
mulai:     => label / checkpoint ‘mulai'
clrscr;
writeln('╬±±±MENU±±±╬');
writeln;
writeln('<1├ MENGINPUT DATA MAHASISWA');
writeln('<2├ HASIL INPUT DATA MAHASISWA');
writeln('<3├ MENGHITUNG LUAS SEGITIGA');
writeln('<4├ KELUAR PROGRAM');
writeln;
write('Masukkan menu pilihan = ');readln(pilih);

6.       Selanjutnya buat suatu percabangan menggunakan CASE … OF dengan membaca nilai dari variable pilih
case pilih of

7.       Dalam percabangan case of  serangkain proses tergantung dari nilai variable pilih.

1:                    =>sub program dari ‘1’ akan berjalan bila nilai variabel pilih = 1
Begin              =>sub program ‘1’
clrscr;
write('Masukkan Nama    = ');readln(nama);
write('Masukkan NPM     = ');readln(npm);
write('Masukkan Kelas   = ');readln(kelas);
write('Masukkan Nilai   = ');readln(nilai);
readln;
goto mulai;   =>akan langsung menuju label/checkpoint ‘mulai’
end;                =>akhir dari sub program ‘1’


2:                    =>sub program dari ‘2’ akan berjalan bila nilai variabel pilih = 2
Begin              => sub program ‘2’
clrscr;
writeln('Nama anda adalah  = ',nama);                                 
writeln('NPM anda adalah   = ',npm);
writeln('Kelas anda adalah = ',kelas);
if (nilai >= 100) and (nilai <= 80) then ­    => percabangan didalam sub program
writeln('Nilai anda adalah = A')                =>perintah akan berjalan bila 79 <nilai <101
else if nilai >= 70 then
writeln('Nilai anda adalah = B')                =>perintah akan berjalan bila 70 <= nilai
else if nilai >= 60 then
writeln('Nilai anda adalah = C')                =>perintah akan berjalan bila 60 <= nilai
else if nilai >= 50 then
writeln('Nilai anda adalah = D')                =>perintah akan berjalan bila 50 <= nilai
else if (nilai >=0) and (nilai <= 49) then
writeln('Nilai anda adalah = E')                 =>perintah akan berjalan bila 49 >= nilai
else
writeln('Input nilai yang anda masukkan salah');
readln;
goto mulai;   =>akan langsung menuju label/checkpoint ‘mulai’
end;                => akhir dari sub program 2

­




3:                    =>sub program dari ‘3’ akan berjalan bila nilai variabel pilih = 3
begin              =>sub program ‘3’
clrscr;
write('Masukkan alas segitiga   = ');readln(alas);                   =>input variabel alas
write('Masukkan tinggi segitiga = ');readln(tinggi);                =>input var. tinggi
luas := ((alas * tinggi)/2 ;                                                            =>memasukkan nilai variabel luas
writeln(' ');
write('Luas segitiga adalah     = ',luas:0:2);                             => menampilkan nilai
readln;                                                                                           variabel luas dengan  
goto mulai;                                                                                   dua angka dibelakang (,)
end


4:                    =>sub program dari ‘4’ akan berjalan bila nilai variabel pilih = 4
goto akhir;    =>akan langsung menuju label/checkpoint ‘akhir’
end;                => akhir dari percabangan / kondisi CASE .. OF

 
akhir:             => Label / checkpoint ‘akhir’
end. ­­­               =>akhir dari program



itu arinya setiap sub program dari CASE .. OF dijalankan maka akan kembali ke tampilan awal karena disetiap sub program CASE .. OF terdapat printah (goto mulai;) dan untuk menghentikan program nilai dari variabel pilih harus 4 karena hanya sub program 4 yang langsung menju label akhir yang berada tepat di atas statement end.

1 komentar:

  1. serius ini ngebantu tugas kuliah ku banget.makasih yaa admin

    BalasHapus