Kamis, 01 Mei 2014

Segitiga sama sisi dan segitiga sama sisi terbalik pada pascal


1.       Buka program pascal
2.       Masukkan source kode seperti pada gambar berikut


3.       Sama seperti jawaban pada soal pertama disini semua variable yaitu a,b,c,d,e,f,g dan bil adalah variable integer dan untuk membuat segitiga sama sisi dan sama sisi terbalik kita akan membuat 6 perulangan yang sebenarnya dibagi menjadi 2 yaitu masing-masing 3 perulangan untuk setiap segitiganya.

4.       Nilai variable bil disini juga adalah nilai inputan yang akan dimasukkan ketika program dijalankan untuk menentukan besar dari segitiga sama sisi dan segitiga terbalik nanti.

5.       Pada perulangan pertama yaitu (for d:= 1 to bil do) blok program didalam perulangan tersebut akan dijalankan sebanyak nilai variable bil, didalam blok program perulangan d terdapat perulangan (for e:= d to bil do) yang artinya blok program didalam perulangan e akan dilaksanakan dari banyak ke kecil karena setiap prulangan selesai nilai variable d akan bertambah menjadikan selisih atau banyak perulangan ini berkurang.

6.       Selanjutnya didalam perulangan e ada perintah write(‘ ‘);  yang artinya akan menuliskan spasi printah ini sebenarnya berfungsi untuk membentuk segitiga, karena banyaknya spasi akan terus menurun dari selisih antara nilai variable d dan nilai variable bil, sehingga spasi membentuk pola segitiga siku-siku terbalik.

7.       kemudian terdapat lagi perulangan (for f:= 1 to d do ) yang artinya banyak perulangan f adalah banyak dari nilai variable d.

8.       Selanjutnya didalam perulangan f  terdapat perintah write(‘* ‘) yaitu setelah sepasi pada perulangan e dituliskan maka akan dituliskan lagi * dan satu spasi pada baris yang sama dan banyaknya tanda * dan spasi akan dituliskan pada baris yang sama sampai perulangan f selesai.

9.       Setelah perulangan f selesai terdapat printah writeln; yang akan menggerakkan kursor ke baris baru dibawahnya. Setelah itu akan menjalankan kembali perulangan d dan nilainya bertambah 1. Sehingga tiap perulangan di dalam blok perulangan tersebut juga akan berpengaruh. Yaitu Spasi pada tiap baris yang dituliskan perulangan e akan semakin berkurang dan penulisan * dan spasi  yang dilakukan perulangan f akan terus bertambah dan akan berakhir sampai perulangan paling luar selesai yaitu perulangan d.

10.   Saat perulangan d selesai maka akan terbentuk segitiga sama sisi yang banyak tanda bintang(*) pada tinggi dan alasnya sama dengan nilai variable bil dan kursor akan berada dibawah segitiga tersebut.

11.   Selanjutnya kita beralih pada perulangan bersarang berikutnya yaitu perulangan
for a:= bil downto 1 yang blok program pada perulangan ini dilakukan dari banyak dan semakin berkurang sampai 1.

12.   Didalam blok perulangan a terdapat perulangan b yang bernilai for b := bil downto a yang berarti blok program didalam perulangan ini akan dilakuakan dari sedikit terhitung dari selisih antara nilai variable bil dan nilai variable a yang awalnya 0 kemudian akan terus bertambah seiring berkurangnya nilai variable a karena printah perulangannya sebelumnya

13.   Didalam perulangan b terdapat perintah write(‘ ‘); ini merupakan perintah penulisan spasi pada baris yang sama, banyak spasi yang akan ditulis sesuai dengan besarnya nilai variable b yang semakin bertambah dari nol sampai nilai nilai bil. Sehingga akan pencetakan sepasi nantinya akan membentuk pola segitiga siku-siku Karena banyak sepasi akan bertambah di setiap barisnya.

14.   Selanjtunya terdapat perulangan lagi didalam perulangan b yaitu perulangan c yang bernilai
for c:= 1 to a yang artinya  banyak perulangan c sesuai dari nilai variable a, sesuai yang saya tuliskan pada langkah no.12 nilai perulangan a akan berjalan dari besar dan semakin mengecil pada setiap loopnya.

15.   DIdalam perulangan c terdapat perintah write(‘* ‘) sama seperti perulangan bersarang sebelumnya perintah ini akan mencetak tanda bintang dan 1 spasi pada baris yang sama. Banyaknya bintang dan spasi yang ditulis pada 1 baris adalah sesuai dengan nilai dari perulangan c.

16.   Setelah perulangan b selesai terdapat printah writeln; yang akan menggerakkan kursor ke baris baru dibawahnya. Setelah itu akan menjalankan kembali perulangan a dan nilainya bertambah berkurang 1 karena didalam perulangan a kita menggunakan perintah downto 1 yaitu perulangan akan dilakukan sampai nilai a bernilai 1.

17.   Ketika program kita jalankan kita akan diminta untuk memasukkan nilai variable bil dan segitiga sama sisi dan sama sisi terbalik akan tercetak berurutan sehingga membuat bentuk menyerupai belah ketupat, dengan tinggi 2 kali dari nilai variable bil dan lebar sama dengan nilai variable bil.



18.   Berikut adalah hasilnya bila kita menginput nilai 10



19.   ­­­selesai

2 komentar:

  1. Bagaimana jika siku siku dikanan gan ? rata kanan.

    BalasHapus
  2. Bagaimana jika siku siku dikanan gan ? rata kanan.

    BalasHapus