1.
Buka program pascal
2.
Masukkan source kode seperti pada gambar berikut
3.
Sama seperti jawaban pada soal pertama disini
semua variable yaitu a,b,c,d,e,f,g dan
bil adalah variable integer dan
untuk membuat segitiga sama sisi dan sama sisi terbalik kita akan membuat 6
perulangan yang sebenarnya dibagi menjadi 2 yaitu masing-masing 3 perulangan
untuk setiap segitiganya.
4.
Nilai variable bil disini juga adalah nilai inputan yang akan dimasukkan ketika
program dijalankan untuk menentukan besar dari segitiga sama sisi dan segitiga
terbalik nanti.
5.
Pada perulangan pertama yaitu (for d:= 1 to bil do) blok program
didalam perulangan tersebut akan dijalankan sebanyak nilai variable bil, didalam blok program perulangan d terdapat perulangan (for e:= d to bil do) yang artinya blok program didalam
perulangan e akan dilaksanakan dari
banyak ke kecil karena setiap prulangan selesai nilai variable d akan bertambah menjadikan selisih
atau banyak perulangan ini berkurang.
6.
Selanjutnya didalam perulangan e ada perintah write(‘ ‘); yang artinya
akan menuliskan spasi printah ini sebenarnya berfungsi untuk membentuk
segitiga, karena banyaknya spasi akan terus menurun dari selisih antara nilai
variable d dan nilai variable bil, sehingga spasi membentuk pola
segitiga siku-siku terbalik.
7.
kemudian terdapat lagi perulangan (for f:= 1 to d do ) yang artinya banyak
perulangan f adalah banyak dari
nilai variable d.
8.
Selanjutnya didalam perulangan f terdapat perintah write(‘* ‘) yaitu setelah sepasi pada perulangan e dituliskan maka akan dituliskan lagi * dan satu spasi pada baris yang sama dan banyaknya tanda * dan spasi akan
dituliskan pada baris yang sama sampai perulangan f selesai.
9.
Setelah perulangan f selesai terdapat printah writeln;
yang akan menggerakkan kursor ke baris baru dibawahnya. Setelah itu akan
menjalankan kembali perulangan d dan
nilainya bertambah 1. Sehingga tiap perulangan di dalam blok perulangan
tersebut juga akan berpengaruh. Yaitu Spasi pada tiap baris yang dituliskan
perulangan e akan semakin berkurang
dan penulisan * dan spasi yang dilakukan perulangan f akan terus bertambah dan akan berakhir sampai perulangan paling
luar selesai yaitu perulangan d.
10.
Saat perulangan d selesai maka akan terbentuk segitiga sama sisi yang banyak tanda
bintang(*) pada tinggi dan alasnya
sama dengan nilai variable bil dan
kursor akan berada dibawah segitiga tersebut.
11.
Selanjutnya kita beralih pada perulangan
bersarang berikutnya yaitu perulangan
for a:= bil downto 1 yang blok program pada perulangan ini dilakukan dari banyak dan semakin berkurang sampai 1.
for a:= bil downto 1 yang blok program pada perulangan ini dilakukan dari banyak dan semakin berkurang sampai 1.
12.
Didalam blok perulangan a terdapat perulangan b yang
bernilai for b := bil downto a yang
berarti blok program didalam perulangan ini akan dilakuakan dari sedikit
terhitung dari selisih antara nilai variable bil dan nilai variable a yang
awalnya 0 kemudian akan terus bertambah seiring berkurangnya nilai variable a karena printah perulangannya
sebelumnya
13.
Didalam perulangan b terdapat perintah write(‘
‘); ini merupakan perintah penulisan spasi pada baris yang sama, banyak
spasi yang akan ditulis sesuai dengan besarnya nilai variable b yang semakin bertambah dari nol
sampai nilai nilai bil. Sehingga
akan pencetakan sepasi nantinya akan membentuk pola segitiga siku-siku Karena
banyak sepasi akan bertambah di setiap barisnya.
14.
Selanjtunya terdapat perulangan lagi didalam
perulangan b yaitu perulangan c yang bernilai
for c:= 1 to a yang artinya banyak perulangan c sesuai dari nilai variable a, sesuai yang saya tuliskan pada langkah no.12 nilai perulangan a akan berjalan dari besar dan semakin mengecil pada setiap loopnya.
for c:= 1 to a yang artinya banyak perulangan c sesuai dari nilai variable a, sesuai yang saya tuliskan pada langkah no.12 nilai perulangan a akan berjalan dari besar dan semakin mengecil pada setiap loopnya.
15.
DIdalam perulangan c terdapat perintah write(‘*
‘) sama seperti perulangan bersarang sebelumnya perintah ini akan mencetak
tanda bintang dan 1 spasi pada baris yang sama. Banyaknya bintang dan spasi
yang ditulis pada 1 baris adalah sesuai dengan nilai dari perulangan c.
16.
Setelah perulangan b selesai terdapat printah writeln;
yang akan menggerakkan kursor ke baris baru dibawahnya. Setelah itu akan
menjalankan kembali perulangan a dan
nilainya bertambah berkurang 1 karena
didalam perulangan a kita
menggunakan perintah downto 1 yaitu
perulangan akan dilakukan sampai nilai a
bernilai 1.
17.
Ketika program kita jalankan kita akan diminta
untuk memasukkan nilai variable bil dan
segitiga sama sisi dan sama sisi terbalik akan tercetak berurutan sehingga
membuat bentuk menyerupai belah ketupat, dengan tinggi 2 kali dari nilai
variable bil dan lebar sama dengan
nilai variable bil.
18.
Berikut adalah hasilnya bila kita menginput
nilai 10
19.
selesai
Bagaimana jika siku siku dikanan gan ? rata kanan.
BalasHapusBagaimana jika siku siku dikanan gan ? rata kanan.
BalasHapus